A. Definisi Komputer
Komputer
merupakan suatu perangkat elektronika yang dapat menerima dan mengolah
data menjadi informasi, menjalankan program yang tersimpan dalam memori,
serta dapat bekerja secara otomatis dengan aturan tertentu. Komputer
berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti
sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
1. Menurut Hamacher
Komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program
yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Menurut Blissmer
Komputer
adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai
berikut: menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya,
menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan
output dalam bentuk informasi.
3. Menurut Fuori
Komputer
adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa
campur tangan dari manusia.
B. Klasifikasi Komputer
1. Berdasarkan Sinyal Masukan (Pengolahan Data)
a. Komputer Analogà menerima sinyal masukan berupa data analog, jenis data kontinyu (bukan angka, tapi fisik).
Contoh : komputer penghitung arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan, aliran BBM dalam SPBU
b. Komputer Digitalà mernerima masukan digital, merupakan komputer
kebanyakan yang kita kenal. Data berupa angka dan huruf, lebih cepat, lengkap dan kompleks, serta dapat menyimpan data.
c. Komputer hybridà menerima masukan analog dan digital.
2. Berdasarkan Tujuan Pembuatan (Penggunaan)
a. General Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan umum. Contoh : PC (personal computer), Notebook, dll
b. Special Purpose, merupakan komputer yang dikembangkan untuk kebutuhan khusus. Contoh : komputer khusus untuk bermain catur, dll.
3. Berdasarkan Ukuran
Berdasarkan ukuran fisik dan kapabilitasnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi:
a. Komputer mikro, berukuran kecil, biasanya dipergunakan oleh satu orang. Contoh: PC, Notebook, Palmtop, PDA, dll.
b. Komputer Mini, berukuran lebih besar, biasa digunakan untuk kebutuhan pekerjaan yang lebih besar juga. Contoh : komputer Alfa, dll.
c. Super computer,
merupakan komputer berkinerja amat tinggi, biasanya untuk memenuhi
kebutuhan pemprosesan yang amat besar. Contoh : Cray, DeepBlue,
EarthSimulator, dll.
C. Sistem Komputer
Untuk
mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data guna menghasilkan
suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang
elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan
membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa
software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat
apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan
mengendalikannya.
1. Hardware (Perangkat
Keras), merupakan rangkaian elektronika. Perangkat keras komputer
secara garis besar terdiri atas tiga komponen utama (CPU/ processor,
memory, dan input-output device).
a. Processorà
merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang melakukan
pemprosesan aritmatika dan logika serta pengendalian operasi komputer
secara keseluruhan. Prosesor terdiri atas dua bagian utama, yaitu ALU
(Arithmetic Logic Unit) dan Control Unit. Kecepatan kerja prosesor
biasanya ditentukan oleh kecepatan clock dari Control Unit-nya.
b. Memoryà berdasarkan fungsinya dibagi menjadi dua yaitu: memori primer dan memori sekunder.
1) Primary Memory,
dipergunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari program yang
sedang dijalankan. Biasa juga disebut sebagai RAM. Karakteristik dari
memori primer adalah:
– Volatil (informasi ada selama komputer bekerja. Ketika komputer dipadamkan, informasi yang disimpannya juga hilang)
– Kecepatan tinggi
– Akses random (acak)
– Input dan Output Device memori
2) Secondary Memory, dipergunakan untuk menyimpan data atau program biner secara permanen. Karakteristik dari memori sekunder adalah:
– Non volatil atau persisten
– Kecepatan relatif rendah (dibandingkan memori primer)
– Akses random atau sekuensial
– Contoh
memori sekunder : floppy, harddisk, CD ROM, magnetic tape, optical
disk, dll. Dari seluruh contoh tersebut, yang memiliki mekanisme akses
sekuensial adalah magnetic tape.
c. Input-Output Device,
merupakan bagian yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer
dengan lingkungan di luarnya. Dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:
1) Input Device (Piranti
Masukan), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan dari
luar. Beberapa contoh piranti masukan: keyboard, mouse, touch screen,
scanner, camera, modem, network card, dll.
2) Output Device (Piranti
Keluaran), berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan keluaran.
Beberapa contoh piranti keluaran: monitor, printer, speaker, plotter,
modem, network card, dll.
2. Software (Perangkat Lunak), merupakan program yang dijalankan pada computer.
Perangkat lunak dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
a. Sistem Operasi,
merupakan perangkat lunak yang mengoperasikan komputer serta
menyediakan antarmuka dengan perangkat lunak lain atau dengan pengguna.
Contoh sistem operasi : MS DOS, MS Windows (dengan berbagai generasi),
Macintosh, OS/2, UNIX (dengan berbagai versi), LINUX (dengan berbagai
distribusi), NetWare, dll.
b. Program Utilitas,
merupakan program khusus yang berfungsi sebagai perangkat pemeliharaan
komputer, seperti anti virus, partisi hardisk, manajemen hardisk, dll.
Contoh produk program utilitas : Norton Utilities, PartitionMagic,
McAfee, dll.
c. Program Aplikasi,
merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang
spesifik. Contoh : aplikasi akuntansi, aplikasi perbankan, aplikasi
manufaktur, dll
d. Program Paket, merupakan program yang dikembangkan untuk kebutuhan umum, seperti :
1) Pengolah kata /editor naskah : Wordstar, MS Word, Word Perfect, AmiPro, dll
2) Pengolah angka / lembar kerja : Lotus123, MS Excell, QuattroPro, dll
3) Presentasi : MS PowerPoint, dll
4) Desain grafis : CorelDraw, PhotoShop, dll
e. Bahasa Pemprograman,
merupakan perangkat lunak untuk pembuatan atau pengembangan perangkat
lunak lain. Bahasa pemprograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat
rendah, tingkat sedang, dan tingkat tinggi. Pergeseran dari tingkat
rendah ke tinggi menunjukkan kedekatan dengan ‘bahasa manusia’. Bahasa
tingkat rendah (atau biasa disebut bahasa assembly) merupakan bahasa
dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Contoh bahasa
tingkat tinggi : Pascal, BASIC, Prolog, Java dll. Contoh bahasa tingkat
menengah : bahasa C. Seperti perangkat lunak lain, bahasa pemprograman
juga memiliki pertumbuhan generasi.
3. Brainware (SDM), manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan system computer.
Terdapat berbagai peran yang dapat dilakukan manusia dalam bagian system komputer. Beberapa peran di antaranya adalah :
a. Analis Sistem,
berperan melakukan analisis terhadap permasalahan yang dihadapi, serta
merancang solusi pemecahannya dalam bentuk program komputer.
b. Programmer,
berperan menerjemahkan rancangan yang dibuat analis kedalam bahasa
pemprograman sehingga solusi dapat dijalankan oleh computer.
c. Operator, bertugas menjalankan komputer berdasarkan instruksi yang diberikan
d. Teknisi, bertugas merakit atau memelihara perangkat keran computer.
D. Program Aplikasi Komputer
Program aplikasi komputer merupakan bagian dari perangkat lunak komputer (software). Beberapa program aplikasi, diantaranya:
1. Perkantoran: Ms.office, open office
2. Grafis: corel draw, GIMP, photoshop
3. Multimedia: winamp, WMP, quick time
4. Internet: internet explorer, mozilla firefox, opera
5. Game: aneka game
6. Bisnis: SPSS
7. Utilitas: winrar, winzip, pixie (penangkap kode gambar)
8. Keamanan: antivirus
9. Pengembang (membuat dan mengedit CSS): topstyle, XAMPP for windows, adobe dream weaver
10. Jaringan (mengelola tugas internet): IDM
11. Komunikasi: mozilla thunderbird (membaca email)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar